Lampu Taman dan Tips Mendekorasinya

Lampu taman adalah pendukung cantiknya taman rumah anda. Jika pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana membuat taman yang cantik di lingkungan rumah maka kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana menambahkan ornamen pemanis taman, salah satunya yaitu lampu. Saat malam hari lampu adalah alternatif tepat untuk membuat taman rumah tetap terlihat, bahkan nampak lebih eksotis. Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh penggunaan lampu pada taman. Semakin manis bukan?

lampu taman

Tata letak lampu taman sebenarnya kondisional atau menyesuaikan dengan konsep taman yang ada. Jika seperti gambar diatas, lampu diletakkan di bawah sehingga ornamen yang ada di atasnya terlihat lebih mempesona. Selain tata letak lampunya, pemilihan lampu juga harus dipikirkan matang-matang. Jangan sampai membeli lampu taman yang tidak sesuai dengan kondisi taman. Hanya karena ada penjual yang menawarkan lampu yang dikemas menarik dan secara langsung anda membelinya maka itu justru akan sia-sia. Maka dari itu, telitilah dan perhatikan pula kualitas lampu. Pastikan cahaya yang dikeluarkan pas dengan konsep taman anda. Pastikan pula bentuk atau model lampu tersebut sesuai sehingga dapat benar-benar bermanfaat.


Berikut ini akan kami berikan tips singkat mengenai dekorasi lampu taman agar benar-benar bisa membuat taman lebih indah dan eksotis.

  • Gunakanlah voltase yang rendah. Untuk memberikan kesan eksotis, pencahayaan sebaiknya tidak terlalu terang. Oleh karena itu, gunakan perangkat lampu yang bertegangan rendah. Selain itu, manfaat dari penggunaan ini adalah sisi keamanannya.
    Tegangan yang aman untuk digunakan adalah arus DC dengan tegangan 12 volt. Berkaitan dengan hal ini maka anda bisa mengubah arus atau adaptor dari AC ke DC.
  • Pilihlah lampu dengan bahan dan tempat yang tahan terhadap cipratan air. Hal ini akan anda rasakan jika terdapat air mancur atau kolam air kecil di taman. Lampu terbuat dari berbagai bahan seperti  kayu, bambu, besi , batu alam dan juga kaca. Jika terkena air maka umumnya lampu akan korsleting sehingga pilihlah spesifikasi lampu water resistant.
  • Tentukan titik fokus cahaya. Hal ini teramat penting, bahkan sebenarnya menjadi hal pertama yang dipikirkan. Titik-titik mana saja yang akan anda beri penerangan sudah harus jelas. Pastikan bahwa penerangan di titik-titik yang akan dipilih tersebut memberikan kesan cantik pada taman.
  • Pilihlah jenis lampu yang sesuai selera. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis lampu yang digunakan harus sesuai dengan konsep taman. Ada banyak model lampu antara lain lampu sorot, lampu neon, serta lampu mercury.
  • Pilihlah kabel yang tepat. Penggunaan kabel disesuaikan dengan ukuran taman. Jika taman kecil maka gunakan kabel serabut atau kabel kawat 1 mm persegi. Jika taman luas maka kabelnya harus lebih panjang.
  • Hias tiang lampu. Tiang merupakan elemen pendukung kecantikan pemasangan lampu. Anda bisa menghiasi tiangnya dengan tanaman rambat.

Berikut ini adalah contoh-contoh pemasangan lampu taman yang menarik dan bisa anda terapkan pada taman anda.

lampu taman dan tips dekor 04 lampu taman dan tips dekor 02 lampu taman dan tips dekor 03

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s