Membangun Rumah Idaman Tak Harus Mahal

Mempunyai rumah pribadi merupakan salah satu tuntutan kehidupan. Apalagi di tengah perkembangan jaman, banyak orang yang berbondong-bondong membangun rumah mewah agar kehidupannya lebih nyaman. Namun di tengah polemik ekonomi dan tingginya harga pemuas kebutuhan, maka menginginkan rumah mewah nan besar kiranya kurang tepat. Hunian minimalis, sederhana, nan nyaman seharusnya yang menjadi pilihan. Rumah yang minimalis identik dengan biaya yang hemat sehingga kita tidak perlu menguras habis kantong hanya untuk sebuah rumah karena kebutuhan lain di samping itu tak kalah banyak. Nah, bagaimana cara membangun rumah yang sederhana dan hemat?

rumah idaman

Sebenarnya hal terpenting yang harus ada pada sebuah tempat tinggal adalah sisi kenyamanan dan keamanannya. Desain rumah idaman tidak harus besar yang penting bisa melindungi kita dari hujan, panas, serta sebagai tempat istirahat. Maka dari itu, jika anda mempunyai niat untuk mempunyai rumah yang sederhana, minimalis, nyaman, dan aman maka sebaiknya anda membangunnya sendiri. Dari sisi kepraktisan, membeli rumah memang lebih mudah dibandingkan membangun. Kita hanya terima jadi dan bisa langsung menempati. Sayangnya harga rumah tidaklah murah. Membangun rumah sendiri adalah alternatif tepat. Walaupun harga material pun tidak murah, namun kita bisa menekan beberapa biaya agar tidak terlalu menguras kantong. Sama seperti yang diulas oleh kompas, berikut ini  akan kita ulas mengenai langkah-langkah sekaligus tips membangun rumah yang sederhana dan hemat.

  • Tentukan letak rumah. Kita harus memilih letak hunian yang tepat sesuai kehendak. Perlu diingat, semakin strategis lokasi rumah, biasanya harga tanah dan pembangunannya juga cukup mahal. Oleh karena itu, pertimbangkan secara baik-baik.
  • Tentukan model rumah. Anda bisa menggambar sendiri desain rumah idaman. Bagi yang tidak ahli mendesain maka anda bisa memanfaatkan jasa internet yaitu dengan mencari-cari contoh desain rumah. Biasanya di internet tersebar banyak tipe-tipe hunian yang indah dan sederhana.
  • Membeli bahan-bahan bangunan. Pada langkah inilah anda bisa menekan biaya pembangunan rumah. Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan diskon sehingga harga material lebih murah. Biasanya toko bahan bangunan menerapkan diskon mencapai 10 % dan kualitas bahannya cukup bagus. Sebenarnya yang terpenting untuk pembelian bahan adalah kualitasnya. Terutama semen, besi, bata, dan kusen harus dipastikan berkualitas tinggi agar rumah anda kokoh dan awet. Jika harga dari bahan-bahan tersebut membumbung tinggi maka anda bisa mensiasati dengan memilih material lainnya yang berharga murah.
  • Menyewa tukang. Berniat untuk membangun rumah sendiri maka tidak mungkin dipisahkan dari tenaga manusia. Kita butuh tukang untuk menyelesaikannya. Nah, anda bisa memperhitungkan kira-kira tukang dengan jumlah berapa yang dibutuhkan. Jika anda memiliki pemahaman tentang bangunan maka anda bisa memilih tukang amatiran untuk membantu membangun rumah. Anda pun bisa terjun langsung untuk turut membangunnya. Namun jika anda tidak memiliki ilmunya, maka anda sebaiknya menyewa tukang yang handal. Selain itu, pastikan tukang-tukang tersebut memahami konsep rumah yang akan dibangun.

Demikian tips membangun rumah idaman yang hemat. Semoga bisa terwujud untuk memiliki hunian dan tinggal nyaman bersama keluarga di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s